Monday, September 2, 2013

Seleksi Tahap 2 AFS YES Interview+jawaban

well karena gue kerajinan mampus sangking bingungnya apa yg mau dipersiapin, gue bikin prediksi soal tes wawancaranya + jawaban gue hehehe

pokoknya tipsnya gampang deh lo omongin apa yg lo pahami apa yg lo kuasai. Jadi intinya interview itu lo yang bawa arah pembicaraan mau kemana..

pengalaman taun gue temen gue ada yg bawa bawa politik pokoknya heavy topics gitu deh. dan lo tau.. jeng jeng jeng he's stuck! tapi it's okay kalo lo emg menguasai politics atau topik berat lainnya, pokoknya yg lo pahami betul dah. dan kalo menurut gue bikin suasana hati interview itu nyaman penting banget. jadi lo harus sering sering becandaan yah dikitlah atau lo cerita pengalaman lucu tapi berisi. catetyaa BERISI. kalo gue waktu itu bahas sekolah gue. yah kebetulan gue anak boarding yang cewe semua dan jarang ketemu cowo. dipisain dua gunung. *padahal ga selebai itu

Pokoknya seinget gue waktu itu gue ceritain dulu kakak kelas ada yg ketaun ketemuan lah, ada yg kena hukum lah, ada yg ketemuan malem malem disangka maling, ada yg pura pura sakit biar ke klinik (baca: biar ketemu siswa) yah dll lah yang bikin kakaknya ngakak padahal menurut gue idup gue ga se LOL itu -_-

nih langsung aja contoh pertanyyannya + jawaban


“tell us more about who are you?”
Well, my name is Indah Shafira Zata Dini . You can call me Indah. I was born on March 29th 1996. So now I’m 16th years old. I graduated from International Islamic Junior High School Ar-Raihan Bandar Lampung. And now I’m studying in Nurul Fikri Anyer. And actually it’s a boarding school so now I live in the dormitory. My hobbies are writing, blogging, reading, watch movie and comedy because all that make me happy and entertain myself.

“So, you are from boarding school can you tell us how about your activities?”
Pertama kita bangun jam 4 subuh langsung ke masjid. Itu bener bener ngantuk banget kak. Terus di masjid kita solat malam berjamaah. Terus yang parahnya imamnya itu bacaanny panjang banget. Kadang aku aja ketiduran pas lagi solat. Bukan Cuma aku kadang orang disebelah aku pas imamnya udah bangun dia masih aja sujud. Kayanya sih ketiduran. Terus sekitar jam 5.30 balik ke asrama untuk mandi, piket asrama, dan siap siap ke sekolah. Di sekolah jam 6.45 ada apel pagi. Terus kbm dimulai pukul 7.00 dan selesai pukul 12.00 langsung ke masjid untuk solat zuhur. Setelah solat zuhur sampai jam 13.30 biasanya ada ekskul kalo aku ngambil ekskul komputer sampai pukul 15.30 kemasjid untuk solat ashar. 16.00 sampai pukul 17.30 biasanya ada kelas tambahan, ekskul, atau olah raga. Terus 18.00 sampai pukul 20.00 dimasjid untuk solat maghrib terus antara maghrib isya tahfidz menghapal qur’an dan setelah itu solat isya berjamaah. Pukul 20.00 baru belajar mandii di asrama
“So, are you from Lampung? Why you go to school which is so far from your house?”
Honestly it’s because I failed to enter man IC serpong, but now I realize that nurul fikri also has a good quality as good as Man IC serpong. Everything must go on if I just blame everything I believe it will retarded my life to catch all my dreams

“menurut kamu tuh Indonesia ini gimana sih?”
Indonesia itu negara yang kaya. Kaya akan sumber daya alamnya, kaya akan budaya, bahkan indonesia punya banyak tempat tempat wisata yang bisa jadi daya tarik buat tourist. Misalnya indonesia punya danau toba di sumatra utara, di pulau jawa ada tangkuban perahu di jawa barat, ada candi barobudur, terus di sulawesi indonesia punya taman nasional bunaken buat diving, di bagian timur tepatnya di NTB ada pulau komodo yang sekarang jadi new 7 seven wonders, ada pantai senggigi dan pantai lainnya di lombok, terus gak lupa ada pantai kuta yang jadi destinasi utama turis-turis mancanegara.
 “Apa visi kamu?”
Visi saya adalah menjadi pribadi yang berilmu, berkarakter, cerdas, dan berwawasan luas
                                                                                                                                  
“Cita-cita kamu kan engineer nih, gimana sih cara-cara kamu biar sampe jadi engineer?”
Cita cita saya ingin menjadi seorang yang bergerak di bidang teknologi. Saya ingin kuliah di Tokyo Institute of technology atau Tokyo Kogyo Daigaku (Tokodai) di jepang. Saya ingin menjadi ahli teknologi untuk Indonesia, memajukan bidang teknologi di Indonesia.  

“kira-kira, negara tujuan kamu tuh apa sih?”
Jepang, Amerika, German, atau Belanda pokoknya yang teknologinya maju. Saya sih pengennya ke Jepang

“Apa yang kamu ketahui tentang Jepang?”
Jepang itu negara yang maju akan bidang teknologinya. Live locally grow globally. Mereka tetap hidup dengan mempertahankan budaya mereka tapi mereka maju tampil di dunia international sebagai negara termaju bidang tenologi “grow globally”, misalnya Jepang bulan maret lalu baru aja meluncurkan sebuah kereta api tercepat di dunia namanya Hayabusa. Sebelumnya jepang tampil dengan kereta api tercepat yang mengalahkan Amerika Shinkanzen dengan kecepatan hingga 250 km/jam kini Hayabusa tampil dengan kecepatan 300 km/jam. Indonesia masih perlu belajar kalu kita bandingkan Hayabusa dengan kecepatan 300 km/jam KRL Bogor Express... 50 km/jam
“menurut kamu apa yang membuat jepang maju seperti saat ini?”
Soalnya jepang selalu pegang teguh prinsip Kaizen dan Bushido. Itulah yang buat mereka maju.  Kaizen itu artinya perbaikan secara terus menerus (just in time) kai berarti perubahan zen berarti baik. jadi kaizen berarti melakukan perubahan agar lebih baik secara terus menerus. Bushido Adalah kode Atau prinsip yg Dianut Oleh Para samurai jepang. prinsip bushido Menekankan pada kehormatan, keberanian dan kesetian

“Kalo misalnya nih, andaikan kamu lolos sampe terakhir, kamu bakal dikirim. Nah di sana tuh kamu nanti ada presentasi tentang Indonesia. Nah kira-kira apa yang bakal kamu presentasiin?”
Pastinya saya bakalan tunjukin sisi baik yang ada di indonesia. Misalnya saya bakal promosiin budaya indonesia atau tempat tempat wisata yang menjadi daya tarik indonesia

“Menurut kamu, masalah Indonesia yang lagi marak ini apa sih?”
Masalah yang lagi in sih tentang pesawat shukoi yang baru baru ini jatuh di gunung salak.

“tell us more about sculpture”
Sebenernya di nf itu ada ekskul wajib yang harus diikuti Science Club, Art, and Sport. Karena saya bingung dibidang seni saya akhirnya memutuskan untuk ikut ekskul memahat. Seinget saya dari smester bar ada 2 kali pertemuan kita langsung praktik. Pembimbingnya bawain tanah liat yang udah di racik sama dia jadi kita tinggal bikin. Disana kita diajarin untuk mengurangi patahan-patahan saat membentuk clay engan cara ditambah sedikit air untuk memperhalus permukaan.

“so you have been winning news casting competition, would you please show us”
Hello good morning viewers welcome back on metroTV hideline news. I’m Indah Shafira Zata Dini and for about five minutes I’ll company you and bring you the latest news from all around the world. The first news is come from Indonesia and here is the complete news.
Well viewers that was end of our topics today don’t forget to visit us at www.metrotv.com we welcome any comment and suggestion good afternoon have a nice day, and wassalamualaikum wr wb

“apa yang buat kamu tertarik untuk ikut seleksi afs ini?”
“memangnya apa yang kamu harapkan dari program ini?”
“apa yang buat kamu pantas lolos dalam seleksi ini?”
“menurut kamu pemimpin itu seperti apa sih?”
Pemimpin itu kita. Saya pemimpin untuk diri saya, you both are leader to lead me for this interview, they are the leader, so everyone is a leader at least a leader for ourself


oiyaa!! gue baru inget, ada wawancara kepribadian, ada wawancara bingg.
seinget gue tuh taun lalu anak anak yg keluar dr bahasa inggris senyum sumbringah cerah dah pokoknya

tapi
yang keluar dari wawancara bahasa indonesia (kepribadian) 
pada suram gitu..

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thanks so much, first things first, your blog was so awesome, its a bout very complete, and your blog make me helped so much to increase my knowledge and well these help me for prepared myself to face selection in round two,

    ReplyDelete