Monday, September 2, 2013

Seleksi Tahap 3 AFS YES 2012 Dinamika Kelompok

hari ini gue tes selksi afs tahap 3, gua lagi di univ bakrie tadi sih tesnya dinamika kelompok gitudeh kelompok gua maju paling pertama tau ah gelep gua ga se optimis kemaren mana mikirin besok uas matemtika dan agama, tadi sih kita ga ada yang terlalu menonjol tapi ga ada yang pasif juga b aja… kelompok gue tadi bikin miniatur rancangan TPA buat ngatasin masalah sampah terus jurinya datar aja ga terlallu terlihat antusias tapi ga terlihat kalu ga minat juga sih ga tau ah jurinya unpredictable doain aja yah btw kay=tanya pengumumanny bisa 3 bulan lagi, gua cuma pasrah dan minta yang terbaik aja, Ya Allah semoga bisa lulus jadi finalis Chapter amiin :’)

Oiyaa ini tesnya paling ga bisa disiapin banget!!
jadi guys gue repost kan dr my old tumblr indahshafira.tumblr.com
nah sekarang udah 2013 gue lulus yayyy!!
jadi di grup gue yang lolos cuma:

gue-> YES Program -> Kansas-> USA
asa-> AFS Program -> Germany

jadi sekedar share nih. Dinamika kelompok itu unpredictable bngt deh pokoknya!
ada grup leader gue namanya Rayan. Menurut gue dia oke banget. The only one boy in this group. Dia mendengarkan, dia berpendapat, dan gue prediksi dia lolos.

dan ternyata....

men gue ga ngerti penilaian nya TT-TT

jadi pas gue seleksi YES, gue nanya tuh ama pewawancara gue. Kak apasih penilaian kakak di tahap 3 seleksi AFS waktu itu.
terus jawaba kakaknya:
kalian itu ga pernah tau bahkan kita juga nilai interaksi kalian dr CCTV loh

omaygattt
lo tau wkt itu gue dpt giliran kelompok yg maju pertama, ada yg plg trkhir ampe maghrib lah dan waiting nya lama kan jadi kita pasti ngobrol ngobrol gitu ama yg laen yah kenalan gitu, waktu itu the famous one in Ust Dani anad Ust Haririe. Mereka lawak banget katanya gombal pake bhs arab gitu, terus duet khitbah ceramah giu tapi pake lawakan jadi jatohnya kaya lagi stand up dan itu ngibur banget men.

Bact to the topics. jadi tips dari gue:

1. dinamika kelompok, lo harus jangan pernah berfikir buat mendominasi demi penilaian si juri
2. lo harus mendengarkan
3. saat lo mau berpendapat lo kasih kesempatan ke org dengan nanya ada yg mau berpendapat lagi baiklah kalau ga ada, menurut saya____
4. masalah leader. lo jangan maksain lo hrs jadi leader biar lo dpt nilai gede, jangan deh berarti lo egois dan nanti kakaknya menilai lo jelek.
kalo kata sepupu gue sebaiknya lo tawarin dulu ke yang lain ada yg bersedia jadi leader kalo ga ada baru lo nah itu bisa jadi nilai plus dr kebijaksanaan lo. bukan berarti lo ga percaya ama kemampuan lo jadi leader, atau lo mengalah. Bukan. Tapi lebih ke memberi kesempatan yang sama kepada tiap individu lainnya.

5. diskusi jangan kelamaan
6. gerak cepet buat bikin produknya wkt lo ga lama
7. persentasiin all out sebisa lo lah jual 'omong kosong' sok pinter itu hahah tapi tetep harus tau porsi yang pas ;)

4 comments:

  1. haii kakk :)
    kece ya yg skarang lg ikutin YES programme.. pengen deh..
    minggu besok, kami yg dr chapter Palembang tes tahap 3, do'ain ya kak :)
    makasih banyak ya kak udah mau berbagi tips :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga :)
      ah masih banyak yang lebih kece kok.. haha iya semoga lancar dan diberi yang terbaik yah!
      sama-sama, sukses terus kamu! :D

      Delete
  2. Maaf kak, mau tanya
    Tes seleksi tahap 4 yes, apakah benar" menuntut kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris dengan baik dan lancar?

    ReplyDelete